Kamis, 10 April 2014

Teks Laporan




PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN

       Selain manusia dan hewan,tumbuhanpun dapat berkembang biak.Setiap tumbuhan pasti memiliki cara berkembangbiak,masing-masing ada yang sama maupun berbeda.Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok,yaitu perkembangbiakan secara kawin(Generatif)dan perkembangbiakan secara tidak kawin (Vegetatif).

1.  Alat perkembangbiakan secara kawin (Generatif) pada tumbuhan adalah bunga.Bagian-bagian bunga terdiri atas tangkai bunga,dasar bunga,kelopak bunga,mahkota bunga,benang sari dan putik. secara kawin (Generatif) pada tumbuhan dimulai dengan penyerbukan.Penyerbukan adalah bertemunya serbuk sari dan kepala putik lalu masuk melalui tangkai putik menuju bakal buah dan didalam bakal buah terdapat bakal-bakal biji yang berisi sel kelamin betina (sel telur).Setelah sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putik),bersatu terjadilah pembuahan.Penyerbukan juga dapat dibantu dengan golongan serangga dan burung.



2.   Perkembangbiakan secara tidak kawin (Vegetatif) berkembang tanpa melalui perkawinan.Perkembangbiakan secara vegetative dapat terjadi melalui dua cara,yaitu:
a)    Perkembangbiakan vegetative alami,yaitu perkembangbiakan tanpa campur tangan manusia.Perkembangbiakan vegetative alami dapat terjadi melalui,umbi lapis,umbi batang,tunas,rizoma,geragih dan spora.Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetative alami:
1).Umbi lapis         :Bawang merah,bawang bombay  dan bawang putih
2).Umbi batang      :Kentang
3).Tunas                 :Tumbuhan cocor bebek,pisang
4).Rizoma              :Jahe
5).Geragih              :Batang stoberry
6).Spora                  :Tumbuhan paku-pakuan
b)    Perkembangbiakan  vegetative buatan adalah perkembangbiakan dengan adanya campur tangan manusia.Perkembangbiakan tersebut  dapat dilakukan dengan cara:
1). Stek yaitu dengan cara menanam potongan atau bagian dari tumbuhan.
2). Cangkok dilakukan dengan tujuan agar tumbuhan cepat berbuah .
3). Sambung(enten) bertujuan untuk menggabungkan dua sifat unggul dari individu yang berbeda.
4). Tempel(okulasi) dengan cara menggabungkan mata tunas suatu tumbuhan pada batang tumbuhan
      lain.
5). Runduk adalah proses menimbun batang tumbuhan kedalam tanah
6). Kultur jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan menanam jaringan tumbuhan
     ditempat dan media yang khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar